Wisata Gunung Mahameru

Wisata Gunung Mahameru

Gunung Mahameru adalah gunung dengan puncak tertinggi di pulau Jawa. Mahameru memiliki nama lain yaitu Semeru. Gunung Mahameru terletak di Jawa Timur tepatnya di daerah Malang. Gunung Mahameru merupakan gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

mahameru

Untuk mendaki gunung Mahameru, anda bisa memilih beberapa rute. Namun, saya akan menunjukkan satu rute yang sangat saya sarankan, rute tersebut adalah rute Ranu Kumbolo.

JIka anda tidak tahu rute tersebut, anda bisa menmukan beberapa penyedia layanan tour guide yang menyediakan paket Tracking Ranu Kumbole 3 hari 2 malam. Harga yang ditawarkan bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Pada hari pertama anda akan berangkat pada pukul 06.00 WIB dari Malang dengan mobil angkutan lalu perjalanan dilanjutkan menuju Tumpang. Ini adalah Rute yang biasa disebut Malang-Tumpang. Dari Tumpang anda akan melanjutkan perjalanan dengan mobil Jeep atau Hardtop menuju sebuah desa yang cukup terkenal yaitu Ranupane. Di desa ini anda akan mulai merasakan hawa khas pegunungan. Yap, hawa dingin akan merasuk hingga ke tulang anda. Maka saya sarankan anda membawa persiapan jaket atau baju hangat.

Di Desa Ranupani atau juga biasa disebut desa Ranupane anda akan menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan climbing anda. Persiapan yang dilakukan adalah mempersiapkan perlengkapan untuk trekking  dan membuat perijinan climbing.

Setelah semuanya siap, anda akan diajak untuk menjajal trek yang cukup jauh dan bisa ditempuh dengan waktu 5 jam. Namun waktu yang lama tersebut akan segera terbayar ketika anda melihat danau yang indah nan sejuk, Ranu Kumbolo–danau legendaris yang sering menjadi pembicaraan para pendaki ini akan menyejukkan tubuh dan jiwa anda.

ranu kumbolo

Hamparan ilalang akan menyambut perjalanan anda di Ranu Kumbolo. Anda bisa mencicipi sensasi berenang disini. Tenang gratis kok. Hehehe… Banyak wisatawan yang memilih untuk bermalam dan mendirikan camp di Ranu Kumbolo namun rute yang sedang saya bicarakan ini akan bermalam di tempat yang berbeda.

Setelah sejenak berisitirahat di ranu kumbolo anda akan melewati sebuah tanjakan bernama Cinta dan Cemoro. Tanjakan ini memiliki sebuah mitos unik lho. Ketika anda mendaki tanjakan ini dilarang menoleh kebelakang, karena jika anda sedang PDKT dengan seorang wanita bisa dipastikan wanita itu gagal menjadi pacar anda. Namun, percaya atau tidak itu adalah sebuah mitos.

tanjakan cinta

Tepat setelah anda mendaki tanjakan Cinta dan Cemoro itu anda akan menemui sebuah tempat bernama Kalimati. Disini anda akan mendirikan tenda dan silahkan menyiapkan api unggunh sekedar untuk ber-barbeque ria. Di tempat inilah anda akan berisitirahat dan menyiapkan tenaga untuk nanti malam.

Setelah berisitirahat, anda akan dibangunkan tepat pada pukul 12 malam untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru. Sebelumnya anda diberikan waktu 1 jam untuk kembali mempersiapkan perlengkapan. Tepat pukul 1 dini hari anda akan di pandu menuju sebuah tempat bernama Arcopodho.

Arcopodo

arcopodho

Arcopodho adalah dua buah arca yang terdapat dijalur pendakian Mahameru. Dua arca tersebut terletak di ketinggian 2900 meter diatasperukaan laut. Perlu anda ketahui bahwa kedua arca ini masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahakan dan menjadikan Mahameru sebagai puncak tempat para dewa. Olympus kali ya. Hehehehe

Saat pendakian, anda harus waspada karena banyak material yang bisa saja menimpa anda. Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi anda karena perjuangan bagitu terasa, bagitu kentara. Sesampainya di Puncak Mahameru anda boleh menghela nafas dan ,elihat sekeliling anda.

Puncak gunung Mahameru mencapai ketinggian 3.676 meter dari permukaan air laut. Puncak gunung Mahameru memiliki nama tersendiri yaitu Jonggring Saloko. Pemandangan dari atas puncak mahameru sungguh sangat-sangat menakjubkan. Mata anda akan dbuai oleh pemandangan yang sangat luar biasa seperti halnya samudera di atas awan.

ngeri awan

Anda bisa menikmati pemandangan Sun Rise Mahameru yang mahadahsyat dan tidak bisa anda lupakan. Saya berani menjamin, anda akan memutuskan untuk mendaki gunung tertinggi ini demi mendapatkan pemandangan yang tiada duanya ini.